7 Cara Memasarkan Produk secara Online

7 Cara Memasarkan Produk secara Online

Perkembangan zaman memaksa kita untuk lebih aktif di segala aktivitas kita. Salah satunya adalah memasarkan produk barang atau jasa. Dengan berkembangnya Internet, peluang menyebarluaskan barang atau jasa semakin mudah. Artikel ini membahas mengenai cara memasarkan produk secara online.

Cara Memasarkan Produk secara Online

Ada berbagai cara memasarkan produk secara online, berikut beberapa media untuk memasarkan produk atau jasa Anda secara online.

Menggunakan Sosial Media

Cara memasarkan produk secara online yang pertama yang dapat Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan sosial media. Ada beberapa sosial media yang dapat anda gunakan untuk mempromosikan produk anda. Diantaranya adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Ketika mempromosikan produk maupun jasa di sosial media, sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli yang akan menggunakan produk atau jasa yang kita miliki.

Membuat Website atau Landing Page

Cara yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan membuat website atau landing page anda sendiri. Dengan menggunakan website produk atau jasa Anda akan terlihat lebih profesional.

Lalu apa manfaat memiliki website atau landing page sendiri?

Dengan memiliki website atau landing page sendiri, Anda dapat dengan lebih leluasa untuk membagikan informasi mengenai produk atau jasa anda kepada calon pembeli.

Selain itu dengan memiliki website sendiri Anda dapat lebih mudah berkomunikasi, karena Anda bisa melakukan kustomisasi untuk berkomunikasi dengan calon pembeli anda. Misalnya dengan menambahkan chat langsung di website, atau bahkan memberikan form untuk langsung memesan produk atau jasa Anda.

Pemasaran Menggunakan Youtube

Sebagai salah satu platform video terbesar di dunia, Youtube merupakan salah satu pilihan untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki.

Alasannya adalah youtube merupakan platform yang mampu membangun brand awareness dan menjangkau konsumen yang luas. Selain itu generasi milenial dan gen Z saat ini lebih senang menonton youtube daripada menonton acara yang terdapat di televisi.

Hal ini sejalan dengan data statistik. Youtube memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif perbulannya dan lebih dari satu miliar jam video yang ditonton di platform ini setiap hari.

Dengan menggunakan beberapa strategi Anda bisa menawarkan profuk atau jasa yang Anda miliki kepada para pengguna youtube yang tertarik dengan produk Anda.

Berikut ini adalah salah satu contoh video marketing yang diupload di youtube, kalian bisa mencobanya ya, bikin video marketing dengan konten yang menarik sesuai dengan calon customer kamu.

Menggunakan Email Marketing

Cara memasarkan produk secara online selanjutnya adalah menggunakan email marketing. Ketika Anda sudah mendapatkan calon pelanggan yang mendaftar dengan website atau landing page, Anda dapat menggunakan strategi email marketing ini.

Dengan memanfaatkan email marketing, pelanggan Anda dapat mengetahui produk baru, diskon, maupun layanan lain yang tersedia di website atau landing page Anda.

Memasarkan melalui Marketplace

Salah satu media pemasaran yang harus Anda gunakan untuk mengembangkan usaha Anda adalah marketplace. Marketplace merupakan platform yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di internet.

Cara kerja marketplace adalah dengan menjadi pihak ketiga yang mempertemukan penjual dan pembeli. Dengan adanya marketplace penjual ataupun pembeli tidak perlu takut lagi dengan yang namanya penipuan.

Hal ini dikarenakan uang yang dibayarkan oleh pembeli akan berada di pihak ketiga dan akan delanjutkan kepada penjual jika barang sudah sampai dan sesuai ke tangan pembeli.

Di Indonesia sendiri ada berbagai macam marketplace, diantaranya adalah sebagai berikut.

Tokopedia

Tokopedia merupakan marketplace yang didirikan pada tahun 2009 dan didirikan oleh William Tanuwijaya. Pada tahun 2019 Tokopedia mendapatkan predikat marketplace terbesar karena mendapat kunjungan per bulan sebesar 137.200,900.

Sampai saat ini Tokopedia juga merupakan salah satu Startup yang berada di tingkat Unicorn.

Shopee

Marketplace selanjutnya adalah Shopee. Shopee merupakan marketplace asal Singapura. Marketplace ini mulai mengeksploitasi Asia Tenggara mulai tahun 2015.

Kunjungan per bulan yang masuk ke Shopee sekitar 73.995.300 (data tahun 2019). Salah satu strategi marketing yang digunakan marketplace ini adalah dengan melibatkan selebritas internasional.

Bukalapak

Seperti halnya Tokopedia, Bukalapak merupakan marketplace yang didirikan oleh anak muda Indonesia, yaitu Ahmad Zaky.

Bukalapak didirikan pada tahun 2010 di Bandung, Jawa Barat. Kunjungan per bulan di marketplace ini sekitar 115.256.600 pada tahun 2019.

Mendaftar Google Bisnisku

Google bisnisku merupakan salah satu media gratis yang dikeluarkan Google untuk mendukung bisnis atau usaha yang terletak di suatu daerah.

Dengan mendaftarkan usaha Anda di Google bisnisku akan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai bisnis Anda, seperti lokasi, jam operasional, alamat email, alamat website, hingga nomor telepon perusahaan.

Selain itu Google bisnisku juga merupakan tempat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Terdapat fitur review yang bisa digunakan pelanggan untuk menilai dan memberikan informasi mengenai bisnis atau usaha yang pernah mereka kunjungi.

Pelanggan juga dapat mengunggah foto mengenai aktifitas yang terdapat pada bisnis tersebut. Hal ini memungkinkan membuat konsumen lain tertarik jika kualitas pelayanan dan produk yang diberikan baik. Anda bisa setting Google Bisnisku melalui alamat link berikut ini: https://www.google.com/business/.

Menawarkan melalui Forum

Cara memasarkan produk secara online yang terakhir adalah dengan menawarkan produk atau jasa Anda melalui forum.

Saat ini ada banyak forum dan terdiri dari berbagai macam komunitas. Di Indonesia sendiri Kaskus merupakan salah satu forum yang cukup terkenal.

Salah satu kelebihan forum adalah Anda bisa menawarkan barang pada komunitas yang sesuai. Misalnya Anda merupakan seorang peternak burung hias. Anda bisa menawarkan burung hias Anda kepada komunitas burung hias yang terdapat pada forum tersebut.

Salah satu yang harus diperhatikan ketika menawarkan barang atau jasa Anda di forum adalah memastikan forum tersebut memiliki sub forum yang sesuai dengan barang atau jasa yang Anda miliki.

Berbagai cara memasarkan produk secara online tersebut bisa Anda terapkan atau mungkin memang harus Anda terapkan mulai saat ini. Dengan begitu peluang mendapatkan pelanggan baru yang menggunakan barang atau jasa Anda juga meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *